NGOMONG BAHASA INGGRIS TANPA MIKIR

Belajar bahasa Inggris sudah bertahun-tahun, tetapi masih gagap kalau disuruh ngomong” Coba deh dicek lagi siapa tahu cara kita yang kurang ciamik dalam belajar selama ini. Lima tips berikut bisa kalian praktikan demi lancar ngomong bahasa Inggris mirip bule.

  1. Lupakan Grammar

Kebanyakan para pembelajar bahasa Inggris berpikiran perlu penguasaan grammar yang tinggi supaya bisa fasih ngomong bahasa Inggris. Padahal itu sama sekali salah. Dengan mempelajari grammar, kalian masih memikirkan bagaimana kalimat yang benar secara struktur. Jadi, jika ingin speak English as a native speaker lupakan sejenak apapun tentang grammar. Just speak!

  1. Bukan Kata, tapi Frasa

Waktu masih sekolah dulu, masih ingatkah guru kita sering meminta kita untuk menghafal minimal 10 kosa kata beserta artinya tiap pertemuan” Setelah itu, kita setor hafalan kepada beliau. Lalu, apa yang terjadi dengan hafalan kalian sekarang” Pasti sudah menguap entah kemana. Mau sebanyak apapun kata yang kalian ingat, tetap tidak membantu. Mulai sekarang ubahlah dengan menghafal per frasa seperti idiom karena kita berbicara dalam satu kalimat bukan per kata.

  1. Ubah Lingkunganmu

Kemampuan berbicara tidak berkaitan dengan seberapa pintar dirimu dalam bahasa Inggris. Akan tetapi, lingkunganlah yang berperan di dalamnya. Banyak orang yang nekad tinggal di negara penutur bahasa Inggris tetapi tidak tahu apa-apa tentang berbicara bahasa Inggris. Seiring berjalannya waktu, mereka bisa berbicara layaknya native karena lingkungan yang memaksa dan mendukung. Oleh karena itu, minta bantuan teman dan keluargamu dengan menerapkan speak English di area rumah atau di jam jam tertentu.

 

  1. Belajarlah dari Sumber yang Terpercaya

Sering berlatih dan menghafal masih belum ada peningkatan” Hmm.. silahkan dicek lagi apa yang kita pelajari sudah benar belum. Karena sulitnya menemukan partner/guru yang benar-benar membantu, kita memilih teman yang sesama non native sebagai rekanan. Jika kita dari awal sudah mendapat input yang benar, maka tanpa sadar kita akan terbiasa memperoleh hal yang benar. Kalau sebaliknya” Belajar dari sumber yang tak terpercaya, malah memberikan kemunduran dalam proses belajar kita.

 

  1. Berlatih dan Berlatih

Practice makes perfect, pastinya kalian sudah tidak asing dengan slogan ini. Mungkin sudah banyak lagu barat yang didengar dan banyak film yang ditonton, tetapi kemampuan berbicara masih nol. Jangan pernah sepelekan kekuatan berlatih. Apapun yang kalian dengar dan baca, praktikkanlah.

Setiap orang pasti memiliki gaya belajar dan metode belajar yang berbeda sesuai dengan pribadi masing-masing. Tetap semangat belajar dan terus berlatih karena usaha tak pernah mengkhianati hasil.

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.