Sumber: instagram/@ntsana

 

“Ternyata menulis itu sulit, ya.”

“Kenapa ya, aku tuh sulit banget buat nulis, padahal di otak udah kegambar semuanya.”

“Aku tadi mau nulis apa, ya? Ih lupa!”

Pasti kamu pernah deh mendengar komentar-komentar seperti itu. Atau mungkin kamu sendiri yang mengucapkan? Hayooo ngaku!

Tenang, setiap masalah pasti ada solusi. Buat kalian yang masih kesusahan dalam menulis, Tsana atau yang lebih akrab disapa Rintik Sedu punya tipsnya.

Ditolak Mading Sekolah, Diterima Wattpad

Nadhifa Allya Tsana adalah penulis muda yang saat ini banyak digandrungi oleh generasi milenial. Tsana memperkenalkan dirinya dengan sebutan Rintik Sedu kepada para pembaca. Perjalanan menulisnya pun sangat menarik.

Ketika SMP, Tsana sudah hobi menulis. Tulisan-tulisannya kerap kali dikirim ke tim mading sekolah, tetapi sayangnya tidak ada yang dipajang. Oleh karena hal itu, Tsana pun akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah blog yang berisikan tulisannya.

Ia tidak lagi mengirimkan ke tim mading sekolah, tetapi mengirimkan di blog pribadinya hingga kemudian ada yang menyarankannya untuk menulis di Wattpad. Saat di Wattpad inilah namanya mulai dikenal. Cerita-cerita yang dituliskan olehnya tidak jauh-jauh dari apa yang dialami oleh anak muda masa kini.

Setiap alur ceritanya terlihat begitu nyata dengan kehidupan saat ini. Tsana menyampaikannya dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami pembaca. Sangking booming-nya cerita yang ditulis di Wattpad, Tsana pun dilirik oleh seorang editor dari penerbit buku untuk menerbitkan ceritanya itu menjadi novel.

Setelah menjadi novel, dilirik lagi oleh produser dan dijadikan sebuah film. Sangat luar biasa, bukan? Kamu juga bisa kok! Setiap proses selalu membawa hasilnya sendiri.

Terapkan 5 Tips Menulis dari Rintik Sedu

Setiap penulis memiliki caranya tersendiri untuk memulai tulisan, bahkan cara menghadapi ide yang lagi buntu. Nah, kira-kira gimana ya cara Rintik Sedu memulai dan menghadapi tulisannya? Berikut ini tips dari Rintik Sedu.

  1. Banyak baca buku

Percaya gak percaya, kunci sukses menulis selain sering latihan tentunya ya, baca buku. Bacaan bukumu akan memengaruhi gaya tulisan, bahkan pemikiranmu dalam menulis. Dari membaca buku, kamu juga memiliki banyak kosa kata.

Yuk, mulai dari membaca buku yang kamu senangi!

  1. Percaya diri

Ketika menulis, jangan memikirkan pendapat orang lain terlebih dulu. Tulis semua yang ingin kamu tulis. Baru setelah tulisanmu selesai, kamu boleh meminta pendapat kepada orang lain.

Eits! Akan tetapi, jangan ditelan mentah-mentah pendapat yang diberikan, ya. Kamu harus memilahnya, mana yang nantinya dapat dijadikan evaluasi untuk memperbaiki tulisanmu. Karena setiap penulis memiliki keunikannya sendiri.

  1. Enjoy

Menulis itu memang perlu dilatih, tetapi tidak boleh memaksa. Memaksa yang dimaksud di sini adalah kalau semisal kamu stuck di jalan buntu gak ada ide, ya udah, istirahat dulu. Maybe, kamu bisa jalan-jalan, ngopi, atau melakukan hal lain yang membuatmu bahagia dan dapat memunculkan ide. Nikmati saja. Karena setiap penulis pasti pernah mengalami yang demikian. Tidak perlu terburu-buru.

  1. Menulis dari hati

Apapun yang dimulai dari hati maka akan sampai pula ke hati.

Menulislah karena kamu ingin membagikannya. Apa yang kamu tulis bisa jadi sesuatu yang menguatkan bagi orang lain. Tulislah segala hal yang sudah kamu ketahui tujuan dari menulis hal tersebut.

Jangan langsung berekspektasi tinggi bahwa tulisanmu nantinya harus tembus jutaan pembaca ataupun diangkat menjadi film. Yang paling penting adalah tulisanmu sampai di hati para pembaca dan memberinya sebuah pengalaman yang menarik setelah membacanya.

  1. Selesaikan

Kalau sudah memulai, ya harus diselesaikan dengan baik. Kamu harus menyelesaikan tulisanmu bagaimanapun caranya. Karena itu adalah bentuk tanggung jawabmu terhadap apa yang sudah kamu mulai.

Tulis aja sebanyak-banyaknya sampai selesai. Pokoknya selesai. Meskipun kamu banyak stuck, gak apa-apa yang penting selesai.

 

Gimana tips dari Rintik Sedu? Mantul, bukan?

Tunggu apa lagi, yuk mulai tulisanmu secepatnya, jangan buang-buang waktu. Terus kalau misal kamu sibuk dan gak ada waktu buat nulis gimana dong? Bisa kok, dicari-carilah waktu luangnya. Atau mungkin kamu bisa loh pakai jasa ghostwriter.

Kamu bisa dengan mudah membuat buku dengan meminta bantuannya. Saat ini ghostwriter sudah menyebar di banyak kota. Kamu tinggal search di Google, misal Jasa Ghostwriter Malang, Jasa Ghostwriters Bandung, dsb. Gampang, kan?

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.