Sumber: santiastarina.com

Semakin hari, peminat novel semakin meningkat. Mungkin kamu salah satunya, kan? Cerita panjang yang terkemas dalam satu buku ini memiliki beragam genre sehingga banyak pula pembaca yang setia untuk membacanya. Novel lahir dari tangan penulis yang telah berhasil melewati masa-masa sulit selama menulisnya. Akan tetapi, hingga kini tak sedikit penulis baru yang mendedikasikan dirinya untuk menulis novel.

Berbicara soal penulis, tahukah kamu siapa penulis novel pertama di dunia ini? Lalu apa saja lika-liku yang dialami oleh penulis ini? bagaimana kisah hidupnya hingga memilih menjadi penulis novel? Kamu bisa mendapatka jawabannya di uraian berikut. Simak, yuk!

 

Perempuan Jepang Bernama Murasaki Shikibu

Penulis novel yang pertama kali di dunia adalah Murasaki Shikibu. Ya, ia adalah seorang perempuan Jepang. Perlu diketahui bahwa nama Murasaki Shikibu ini bukanlah nama aslinya, tetapi nama pena. Ternyata tidak ada yang tahu siapa nama asli dari Murasaki ini. Pada zamannya saat itu, karya sastra memang tidak diperbolehkan untuk mencantumkan nama dalam ceritanya sehingga Murasaki harus menggunakan nama samaran atau gelar.

Murasaki ini adalah keturunan dari bupati pertama di Fujiwara. Ia juga dikenal sebagai perempuan yang cerdas yang lahir sekitar tahun 973. Kemudian, pada tahun 998 ia menikah dengan Nobutaka dan dikaruniai anak perempuan bernama Kenshi (Kataiko). Akan tetapi, pada tahun 1001 suaminya meninggal dunia. Setelah beberapa tahun kemudian, karena kemampuan menulis dan pemikirannya yang cerdas, Murasaki dipanggil bekerja sebagai dayang di Istana Heian.

Genji Monogatari

Sebelum bekerja di istana, Murasaki telah sibuk menulis novel yang diberi judul “Genji Monogatari”. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, artinya adalah “Hikayat Genji”. Novel ini memiliki 54 bab dengan total 1000 halaman yang ditulis dengan tata bahasa cukup rumit. Novel ini bercerita tentang kehidupan Pangeran Genji.

Sumber: amazon.com

Novel pertama yang bergenre roman ini merupakan karya sastra klasik Jepang dan telah menjadi subjek kritik sastra. Hingga saat ini, novel ini sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Tak heran jika ada yang mementaskan cerita novel ini. adapun karya lain dari Mirasaki, yaitu “Buku Harian Murasaki Shikibu”, dan kumpulan 128 puisi. Karya-karya Murasaki ini dianggap penting karena telah menggambarkan pengembangan sistem penulisan bahasa Jepang selama periode peralihan.

Ya, itulah penulis novel pertama di dunia, penulis yang hingga kini tidak ada yang tahu bagaimana kehidupannya yang sebenarnya.

Setelah membaca wawasan di atas, pasti kamu semakin tertarik kan untuk menulis dan menerbitkan buku, terutama novel? Sudah, tidak usah dimungkiri lagi kalau kamu memang ingin menerbitkan hasil karyamu. Tenang, ada banyak penerbit yang bisa membantumu menerbitkan buku kok, salah satunya yaitu penerbit buku Malang.

Bahkan, kini para penerbit buku sudah semakin di depan karena mereka menawarkan fasilitas-fasilitas baru, seperti jasa menulis buku.

Jadi, tunggu apa lagi. Yuk bersama-sama mewujudkan satu juta warisan peradaban untuk Indonesai yang semakin tinggi literasi.

Semangat berkarya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.